Tugas Bahasa Indonesia 1

FUNGSI , PERKEMBANGAN & PERANAN BAHASA INDONESIA

Fungsi bahasa Indonesia Sebagai Indentitas diri seseorang bahwa dia memahami betul bahasa negara dimana ia menentap  atau pun dilahirkan di negara Indonesia, Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa komunikasi sehari - hari di indonesia agar masyarakat sekitar tidak bingung atau berselisih paham karena berbeda bahasa yang digunakan.

Adapun Pengertian Bahasa menurut Beberapa Ahli yaitu :
- Pengertian Bahasa Menurut (Departemen Pendidikan Nasional, 2005:3) Bahasa pada Hakikatnya adalah ucapan pikiran perasaan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya.
- Pengertian Bahasa Menurut (Harun Rasyid, Mansyur & Suratno, 2009:126) Bahasa Merupakan Struktur dan makna yang bebas dari pengunanya, sebagai tanda yang menyimpulkan suatu tujuan.
- Pengertian Bahasa Menurut Kamus Bahasa Indonesia (Hasan Alwi, 2002:88) bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik.

Peranan bahasa Indonesia dalam kaitan-nya dengan Jurusan Sistem Informasi yaitu untuk membantu dalam hal menyusun sebuah kalimat yang benar dan mudah dipahami oleh yang membaca contohnya dalam penyusunan skripsi, penulisan tugas, dan juga dalam menyusun sebuah surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan.

Perkembangan Bahasa Indonesia dikutip dari (http://wikipedia.co.id/) Bahasa Indonesia mengalami perkembangan dan mengalami perubahan akibat dari penggunaan sebagai bahasa kerja dilingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke - 20. Penamaan "Bahasa Indonesia" diawali sejak dicanangkanya sumpah Pemuda , 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan Imperialisme Bahasa apabila tetap mengunakan bahasa melayu.

Dalam Ilmu Pengetahuan & Teknologi Bahasa Indonesia juga digunakan dalam bidang Pendidikan di negara Indonesia, bahkan Bahasa Indonesia diajarkan mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, karena Bahasa Indonesia Dapat Digunakan Sebagai Pengembangan Ilmu Pengetahuan & Teknologi.

Nama  : Adam Cholid Agustaf
NPM   : 10113109
Kelas   : 3KA32
Jur       : Sistem Informasi / S1


Referensi : 

- https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Indonesia/
- https://badriyadi.wordpress.com/artikel-bahasa/bahasa-dan-iptek/
- http://verozzaranii.blogspot.co.id/2013/09/peranan-dan-fungsi-bahasa-indonesia.html/
- http://www.si-pedia.com/2015/05/apa-itu-bahasa-dan-pengertian-bahasa-menurut-ahli.html/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH KALIMAT PENALARAN BAHASA INDONESIA 2#

Bentuk Bagan Struktur Organisasi

TUGAS 3 : Contoh Prosedur IT Audit & Lembar Kerja IT Audit