TULISAN : ETIKA PROFESI & PROFESIONALISME

Etika Profesi Dibidang Sistem Informasi

* Pengertian Etika Profesi

Etika yang berasal dari bahasa yunani yaitu "ETHOS" yang artinya karakter, watak, atau kebiasaan. Etika juga merupakan aturan perilaku, kebiasaan seseorang dalam melakukan kegiatan atau bersosialisasi dengan orang lain, serta memberitahu mana yang baik dan mana yang buruk.

Profesi merupakan pekerjaan yang membutuhkan pelatihan serta penguasaan suatu hal dibidang tertentu. Suatu profesi biasanya memiliki kode etik, serta proses sertifikasi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Seseorang yang berpengalaman atau berkompeten dalam suatu profesi disebut juga profesional.

Etika Profesi merupakan bagian dari etika sosial yang membuat seseorang atau kelompok yang menjalankan sebuah pekerjaan secara profesional agar diterima oleh masyarakat sekitar. dengan ada nya etika profesi diharapkan dapat berkerja sebaik mungkin, sehingga hasil yang diperoleh maksimal dan dapat dipertanggung jawabkan atas yang telah dikerjakan.

 Adapun , Ciri - Ciri Profesionalisme seperti berikut :

1.  Memiliki keterampilan yang tinggi dalam suatu bidang, serta dapat mengunakan peralatan yang diperlukan dalam melaksanakan tugasnya.

2. Memiliki Ilmu dan Pengalaman serta kecerdasan dalam memahami dan mengatasi suatu masalah sehingga dapat mengatasi suatu masalah dengan cepat dan tanggap.

3. Memiliki fikiran kedepan, sehingga setiap ada perkembangan suatu teknologi dapat mengimbangi terhadap perkembangan yang ada disekitarnya.

4. Memiliki sikap mandiri berdasarkan kemampuan pribadi, serta menerima masukan dari orang lain , serta dapat memilih mana yang perlu diambil dari masukan orang lain tersebut.

Didalam Profesionalisme, ada juga yang disebut Kode Etik Profesional, yaitu:

Kode Etik Profesional Merupakan Pedoman kepada profesional sebagai pelaksana agar terhindar dari kesalahan dan merusak etika profesi. Kode etik juga diperlukan untuk membantu menentukan benar atau salah, baik atau buruk, serta bertanggung jawab dalam suatu proses. Secara umum siapa saja yang merupakan bagian dari suatu kelompok atau individu yang sedang melakukan suatu pekerjaan wajib untuk mematuhi kode etik yang ada.

~SUMBER ~

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Etika/
[2] https://tirzarest.wordpress.com/2014/03/17/profesionalisme-dan-kode-etik-profesional/
[3]https://ranisakura.wordpress.com/2010/06/04/ciri-ciri-profesionalisme/
[4]http://yahyadfirst683.blogspot.co.id/2015/04/etika-profesi-di-bidang-it-informasi.html/
[5]https://id.wikipedia.org/wiki/Profesi/
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH KALIMAT PENALARAN BAHASA INDONESIA 2#

Bentuk Bagan Struktur Organisasi

TUGAS 3 : Contoh Prosedur IT Audit & Lembar Kerja IT Audit